October 13, 2011

Kejadian awal yang terlupakan

Gua salah besar ketika menyebutkan awal pembicaraan gua, Robbie, dan Roy di sekitaran bulan oktober 2003. Kenyataannya adalah pembicaraan itu dilakukan sekitar bulan maret 2004. Gua sangat yakin kali ini karena seinget gua sepanjang akhir tahun 2003 atau tahun kedua awal gua kuliah (semester tiga) gua hidup sangat normal dan bersahaja. Jadi sepanjang Juli – Desember 2003 bahkan awal-awal tahun 2004 (sekitar januari dan februari) gua masih sendirian aja. Biasanya cuma Rohan aja temen akrab gua di kosan. 

Kalo lagi suntuk ya maen ke kosan rohan. Tapi kadang gua maen ke tempat si khair atau abu tapi itu jarang banget. Kegiatan iseng-iseng gua medio juli sampe desember 2003 adalah sering maen ke tempat David. Siapa David? David adalah temen kursus gua di cimahi. Kenapa gua bisa deket sama dia? Karena ketika pertama kali ketemu kita udah merasa nyaman satu sama lain. Sama-sama kere (menyedihkan ya), sama-sama jomlo akut, sama-sama nganggur dan sama-sama nelangsa. Intinya adalah sepemikiran dah dalam kehidupan sehari-hari sehingga tanpa sadar kita jadi sohib kental. 

Pada saat kami bertemu, kami berdua mempunyai tujuan yang sama yaitu melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri. Pokoknya kami berdua tuh kerja cukup keras buat belajar dah. Karena itu harapan kami satu-satunya buat melanjutkan hidup. Maklum kami berdua sama-sama pengangguran yang gagal lolos kuliah di perguruan tinggi negri di tahun pertama kami lulus. Pada akhirnya Cuma gua aja yang lolos ke perguruan tinggi negri yaitu Unpad, sementara David gagal dan menganggur lagi. Tapi persahabtan kami berdua tetap jalan dan gua tetep maen ke rumahnya di jalan Carigin, Padalarang. Dia tinggal bersama dua orang kakaknya, yang tertua perempuan bernama Eva (biasa gua panggil teh Eva, padahal orang batak) terus yang kedua Bang Luhut. Nah biasanya gua maen ke rumahnya tiap sabtu, kadang gua nginep sampe minggu. Kita ngobrol banyak hal dari mulai kekonyolan di kampus gua sampe ngecengin orang di televisi atau orang yang kebetulan lewat. 

Kalo dipikir gua udah kaya pacaran aja ya, tapi kenyataannya emang kaya gitu. Gua ga punya temen akrab di kosan, jadi maenlah secara rutin ke tempat si david yang kebetulan juga jomlo ting-ting. Persamaan kami adalah suka game walaupun si David dengan kadar yang rendah. Bahkan dia juga yang pertama kali kenalin gua ke dunia game, khususnya game computer. Pada saat gua sering maen ke tempat David berkenalanlah gua sama game Red alert. Wah nih game keren banget, lucu lagi. Tentang strategi perang modern antara komunis dan demokrasi. As sebagai bos di demokrasi dan Soviet jadi bos di komunis dan beberapa negara juga ambil bagian. Kenapa lucu? Karena ada tank listrik (kl ga salah Tesla Tank dah) yang kalo nyerangnya keluar listrik dari moncongnya, nah yang lucunya kalo orang yang kena pasti teriak “aaaargh” kasian sih, tapi menurut gua tuh suara teriakannya lucu aja. 

Game ini menjadi semacam jalan utama gua mengenal banyak game berikutnya. Gua menggilai tuh game sampe tujuan utama gua ke tempat si David cuma maen game aja. Tapi lama-lama setelah sering maen di Djitoe, gua rada bosen juga. Anak-anak banget sih nih game tapi keren dan sampe sekarang gua masih hormat sama nih game. 

Selama periode juli – desember 2003 juga gua pernah ikut operasi SAR pertama gua…horeee akhirnya gua ikut operasi SAR juga. Bukannya gua bersenang-senang di atas penderitaan orang, tapi ini pembuktian gua sebagai seorang anggota SAR. Kan ga lucu juga kalo anak SAR tapi ga pernah ikut operasi SAR. Oh iya gua lupa mengenalkan sebuah organisasi yang juga gua ikuti selain Merpati Putih. Sewaktu mahasiswa baru, gua rada panik karena udah terlalu lama gua ga punya aktifitas. Maklumlah sebagai mahasiswa sebaiknya kita ikut menghidupkan eksistensi kita melalui kegiatan kampus. Kenapa gua pilih SAR? Ga ada yang spesial malah alasannya yaitu ketika gua panik ga punya kegiatan tiba-tiba SAR Unpad buka pendaftaran. Dari banyak unik kegiatan mahasiswa yang ada hanya unit SAR Unpad yang pada saat itu buka pendaftaran. Yah kira-kira bulan januari 2003. gua juga ga tau tuh SAR itu organisasi bergerak di bidang apa. Setelah gabung gua baru tau tentang kiprah organisasi ini. Dan gua beruntung bisa terlibat di dalamnya. 

Balik lagi tentang operasi SAR pertama gua. Tuh operasi dilakukan di daerah Cililin karena bencana longsor. Daerah yang terkena gempa adalah perbukitan dengan daerah jangkauan yang sulit bagi kendaraan. Ibaratnya pelosok banget dah, di peta juga ga ada tuh daerah. Gua berangkat sama teman dari Jatinangor. Pas sampe di lokasi bencana, yang paling mencolok bendera parpol PK (partai keadilan) dan mendirikan sebuah Posko. Gua salud aja repintas dengan PK karena mereka tanpa banyak omong langsung membantu. Terus langsung dah gua lihat lokasi. Dalam hati gua ngomong wajar aja kena longsor karena daerah yang seharusnya ditanami pon pencegah banjir atau pon-pohon besar malah di tanami singkong. Padahal kemiringan hampir 40 derajat. Kejadiannya malem ketika hujan melanda desa tersebut. Ada yang membuat gua terenyuh mendengar kisah seorang bapak yang menjadi korban longsor. Si bapak itu beberapa hari lagi mau menikahkan anaknya Namun pada hari naas tersebut si bapak sebenarnya sudah selamat dari terjangan tanah longsor. Namun di tengah perjalanan si bapak balik lagi ke rumahnya buat ambil uangnya karena dia pikir uang itu sangat dibutuhkan buat pernikahan anaknya. Tanpa berpikir panjang dia langsung secepatnya ke rumah. Sebenarnya jika dia tetap bertahan di rumah dia akan selamat, tetapi ketika dia keluar rumah dan berjalan, tanah longsor langsung menghantam dia tanpa ampun sehingga si bapak terkubur oleh tanah.

Nah si bapak ini salah satu korban yang belum ditemukan dari total tiga korban yang tersisa. Dua hari satu malem gua ikut operasi SAR itu. Temen gua, namanya Deni, ada perlu di kampus sehingga dia mau pulang jadi gua juga ikut nimbrung pulang. Sebenarnya rada males pulang tapi biar bareng aja dan kata temen gua yang laen mendingan pulang aja. Gua inget-inget lagi ternyata gua juga ada kuis di mata kuliah sistem informasi jadi ikut pulang juga. Di operasi SAR yang gua lakuin itu akhirnya ditemukan salah satu sorban, orang-orang berpikir itu si bapak ternyata bukan. Setelah gua pulang baru di kasih kabar bahwa si bapak dan satu orang lainnya sudah ditemukan. Sehingga operasi SAR di tutup. Pengalaman yang menakjubkan…gua pikir. Cape dan kulit jadi item ga apa-apa dah yang penting bisa bantu orang. Ga ada yang lebih membahagiayakan dibanding membantu orang. Dan gua sangat senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan operasi SAR itu. 

Setelah operasi SAR kehidupan gua kembali normal. Kesibukan yang utama kuliah terus pulang bareng anak-anak dan sebagian anak-anak bandung nongkrong di kosan sampe sore. Pas sore kalo hari senin dan kamis gua latihan merpati putih sampe magrib. Setelah magrib cari makan dan tidur sehabis dengerin musik, yah kira-kira jam 9an dah. Hal itu terus berlanjut tanpa ada gejolak. Terkadang kalo lagi suntuk ya maen game sendirian di Djitoe. Kadang juga gua internetan di warnet deket kosan, biasanya malam atau subuh, maklum gua lakuin malem banget atau subuh supaya murah (Cuma seribu perjam).

0 comments:

Post a Comment

 
;